Michael J. Gibbons seorang barista dan spesialis kopi dari Australia menunjukan cara membuat latte art kepada puluhan pengunjung di bar Social House Mall Grand Indonesia. Acara ini merupakan bagian dari agenda Jakarta Culinary Festival yang dikemas dengan nama Coffee Culture bekerja sama dengan Illy Coffee tanggal 22 November lalu.  Latte yang diturunkan dari bahasa Itali, caffelatte, sebagaimana yang kita ketahui adalah milk based coffee, sebuah minuman yang populer selain cappuccino, terutama di cafe2 Amerika.

Salah satu faktor penting sebuah latte adalah kualitas frothing susu yang fungsinya adalah untuk meningkatkan dan memperkuat rasa kopi, bukan sebaliknya. Jadi bukanlah latte kalau rasa susunya lebih dominan dibandingkan dengan kopinya, atau kopi dengan sedikit rasa susu.  Untuk mencapai kriteria tersebut tentunya diperlukan sebuah mesin espresso yang bertenaga agar proses frothing benar2 menghasilkan busa halus atau micro foam dalam susunya, selain keterampilan teknis si barista tentunya.

Bagi barista sekaliber Gibbons, yang kelahiran Australia, latte art bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, apalagi dengan pengalamnnya yang malang melintang selama 20 tahun di industri kopi. Keterampilannya dalam menuangkan susu dan membentuk rosetta dalam waktu singkat serta bentuk2 latte art lainnya membuat para pengunjung sangat menikmati suguhan acara ini.Tidaklah aneh karena Gibbons juga seorang yang bersertifikat pengajar dalam lembaga pendidikan kopi bergengsi Universita del Caffe.

Dalam obrolan singkat dengan saya, Gibbons yang juga seorang Business Development Manager perwakilan Illy Coffee di Indonesia, PT Bahana Genta Viktory, akan segera membuka Universita del Caffe, sebuah lembaga pendidikan kopi pertama di Indonesia bagi perusahaan atau individu yang tertarik dengan bidang ini. Rencananya mereka akan membuka kelas sekitar bulan Februari atau Maret tahun depan, jadi kita tunggu saja formatnya seperti apa.

Don’t drink your latte, if there’s a beautiful art there 🙂

* * * * *

14 replies
  1. Helena Putri
    Helena Putri says:

    Hai Michael,

    Do you have twitter or facebook or email ?
    Where can I contact you ?
    I would like you to give a seminar about coffe at our Mall.

    Thanks,
    Helena

  2. titolahat
    titolahat says:

    tanggal 6 oktober kmarin dah grand opening universita dell caffe dell’ indonesia dan espressamente illy yg dijakarta,,kapan2 singgah aja,saya barista yg di training oleh M.G(michael gibbons)

  3. dhodho
    dhodho says:

    universita dell caffe bakal ada di Indonesia,kapan tuh bakal ada..???
    Tolong kasih infonya ya kalau jadi diwujudkan..?!?

  4. Michael
    Michael says:

    Hey everyone if you want to learn how to make coffee art we will be opening Universita dell Caffe dell’Indonesia at the end of March!
    Very cool!

    This blog has been invited … cool 🙂

  5. Irvan
    Irvan says:

    Entah karena tampilannya yg cantik atau krn sy tau bikinnya susah, tapi saya sering ngerasa sayang kalo mau minum latte art… Tapi diliatin doang juga gak berasa enaknya ya 😀

  6. arry
    arry says:

    wkwkwkw bikin latte art gagal molo, sampe habisin susu 1 liter..
    udah dicoba semua grade susu:
    GREENFIELD Full Fat
    GREENFIELD Low Fat
    GREENFIELD Skim

    hasilnya berantakannnnn… susahhhhhhhhhhh… hhuhuhuhu

    Senasib, tapi saya memang pake mesin yang kecil dan suka bengek waktu frothing 🙁

Comments are closed.